119. PROBLEMATIKA MAKMUM MASBUQ

1. Apakah bisa dihitung satu roka'at, makmum yang  takbirotul ihrom, sedangkan imam sudah dalam keadaan ruku', langsung mengikuti ruku'nya imam tanpa membaca alfatihah?

2. Apakah makmum yang sudah mendapati imam sedang tasyahhud awwal, disunnahkan membaca doa tasyahhud, atau dengan kata lain dalam  roka'at ma'mum yang tidak dihitung, apakah makmum masih disunnahkan membaca doa-doa yang disunnahkan, seperti saat sujud dls?

Jawaban:
1. Jika makmum bisa rukuk bersama imam hingga tuma'ninah, maka dianggap telah mengerjakan satu rakaat, meski tanpa membaca surat al-fatehah, karena fatihah makmum masbuq sepenuhnya ditanggung oleh imam.

2. Makmum yang mendapati imam telah mengerjakan ruku' atau setelahnya, tetap disunnahkan untuk mengikuti Imam, meski tidak dianggap mengerjakan rakaat tersebut. Dan ketika sudah ikut imam, diwajibkan untuk ikut setiap pekerjaan imam, kecuali dalam bacaan-bacaan yang disunnahkan, maka tidak wajib ikut, namun tetap sunnah ikut membaca.

Referensi:
*أسنى المطالب؛ ج ١، ص ١٥٠*
(‍ﻭ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﺴ‍‍ﺒ‍‍ﻮ‍ﻕ‍) ‍ﺑ‍‍ﺎ‍ﻟ‍‍ﻔ‍‍ﺎ‍ﺗ‍‍ﺤ‍‍ﺔ (‍ﻳ‍‍ﺘ‍‍ﺤ‍‍ﻤ‍‍ﻠ‍‍ﻬ‍‍ﺎ ‍ﻋ‍‍ﻨ‍‍ﻪ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺈ‍ﻣ‍‍ﺎ‍ﻡ‍) ‍ﻓ‍‍ﻴ‍‍ﺪ‍ﺭ‍ﻙ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺮ‍ﻛ‍‍ﻌ‍‍ﺔ ‍ﺑ‍‍ﺈ‍ﺩ‍ﺭ‍ﺍ‍ﻛ‍‍ﻪ‍ ‍ﻣ‍‍ﻌ‍‍ﻪ‍ ‍ﺭ‍ﻛ‍‍ﻮ‍ﻋ‍‍ﻪ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﺤ‍‍ﺴ‍‍ﻮ‍ﺏ‍ ‍ﻟ‍‍ﻪ‍.

*مغنى المحتاج؛ ج ١، ص ٥١٣*
ﻭ‍ﺇ‍ﻥ‍ ‍ﺃ‍ﺩ‍ﺭ‍ﻛ‍‍ﻪ‍ ‍ﺭ‍ﺍ‍ﻛ‍‍ﻌ‍‍ﺎ ‍ﺃ‍ﺩ‍ﺭ‍ﻙ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺮ‍ﻛ‍‍ﻌ‍‍ﺔ. ‍ﻗ‍‍ﻠ‍‍ﺖ‍: ‍ﺑ‍‍ﺸ‍‍ﺮ‍ﻁ‍ ‍ﺃ‍ﻥ‍ ‍ﻳ‍‍ﻄ‍‍ﻤ‍‍ﺌ‍‍ﻦ‍ ‍ﻗ‍‍ﺒ‍‍ﻞ‍ ‍ﺍ‍ﺭ‍ﺗ‍‍ﻔ‍‍ﺎ‍ﻉ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺈ‍ﻣ‍‍ﺎ‍ﻡ‍ ‍ﻋ‍‍ﻦ‍ ‍ﺃ‍ﻗ‍‍ﻞ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺮ‍ﻛ‍‍ﻮ‍ﻉ‍, ‍ﻭ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻠ‍‍ﻪ‍ ‍ﺃ‍ﻋ‍‍ﻠ‍‍ﻢ‍.

*المجموع شرح المهذب؛ ج ٤، ص ٢١٤*
( فرع ) إذا أدرك المسبوق الإمام بعد فوات الحد المجزئ من الركوع فلا خلاف أنه لا يكون مدركا للركعة ، لكن يجب عليه متابعة الإمام فيما أدرك ، وإن لم يحسب له فإن أدركه في التشهد الأخير لزمه أن يجلس معه ، 
*وهل يسن له التشهد معه ؟ فيه وجهان مشهوران حكاهما الخراسانيون والشيخ أبو حامد وابن الصباغ وصاحب البيان وآخرون من العراقيين ( الصحيح ) المنصوص أنه يسن متابعة الإمام ( والثاني ) لا يسن ; لأنه ليس موضعه في حقه* .
قال أصحابنا ولا يجب التشهد على هذا المسبوق بلا خلاف بخلاف القعود فيه فانه واجب عليه بلا خلاف لأن متابعة الإمام إنما تجب في الأفعال وكذا في الأقوال المحسوبة للإمام ولا يجب في الأقوال التي لا تحسب له لأنه لا يحل تركها بصورة المتابعة بخلاف الأفعال.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

062. MENCAMPUR BERAS ZAKAT FITRAH

061. SHOLAT IMAM DENGAN KABEL MIK YANG TERKENA NAJIS

020. HUKUM ZAKAT & TUKAR UANG KERTAS