027. MATERI TPQ BUKAN MUSHAF?
Berkaitan degan buku TPQ semacam Qiroati, Qur-ani, Tartila, Yan-bu'a, dll, dimana dalam masing-masing jilid isinya berbeda-beda.
Jilid 1 hanya berisi Huruf terpisah.
Jilid 2 berisi Huruf gandeng
Jilid 3 berisi contoh penggalan ayat - ayat tidak sampai satu surat. Artinya ayatnya campuran. Misalnya satu ayat mengambil dari Al- naba, ayat kedua dari surat Al Naziaat dst......
Jilid 4 berisi beberapa ayat sempurna sampai satu surat.
Pertanyaan:
Bagaimana sebenarnya menurut fiqih memegang jilid - jilid buku TPQ tersebut bagi pengajar atau murid yang hadas?
Titipan dari M. Mughnil Labib
Jawaban:
Jilid 1-3 boleh dipegang dan dibawa oleh orang yang sedang hadas, karena dapat dipastikan tujuan penulisannya sebatas untuk metode belajar membaca al-quran (التعلم منه) bukan untuk bacaan sehari-hari.
Sedangkan untuk jilid 4 hukumnya juga boleh dibawa dan dipegang orang hadas dengan beberapa pertimbangan;
📌 Kertas bertuliskan al-Qur'an bisa memiliki hukum sama dengan mushaf (عرفا) apabila penulisan al-quran di dalamnya bertujuan sebagai bacaan sehari-hari (دراسته أي قرائته). Atau ada tujuan lain semisal metode belajar membaca (التعلم منه) namun tujuan sebagai bacaan tetap diikut sertakan.
📌 Kertas yang masih diragukan tujuan penulisannya apakah untuk bacaan, atau untuk yang lain hukumnya tidak sama dengan mushaf menurut Imam Ibnu Hajar, sehingga boleh dibawa dan dipegang orang yang hadas. Namun pendapat ini ditentang oleh Imam Romli, Imam Thobalawi dan Imam Az-Zayyadi yang berpendapat tidak boleh, karena pada dasarnya penulisan ayat al-Quran adalah sebagai bacaan, dan juga sebagai bentuk memulyakan pada ayat al-Quran.
Maka dari itu, mengingat secara jelas tujuan awal penulisan materi TPQ adalah metode belajar membaca al-Qur'an (التعلم منه), dan tidak jelasnya tujuan sebagai bacaan (دراسته أي قرائته), maka boleh membawa dan memegang jilid 4 bagi orang hadas sebagaimana pendapat Imam Ibnu Hajar, meski menurut Imam Romli dan yang lain tetap tidak boleh dengan alasan di atas.
Namun demikian hukum khilafiyah ini berlaku apabila tidak ada kejelasan dari penyusun bahwa tujuan penulisannya juga sebagai bacaan (atau masih diragukan). Tapi apabila ada penjelasan dari penyususn bahwa tujuannya juga sebagai bacaan, maka tidak boleh dibawa dan dipegang orang yang hadas karena berati kertas tersebut sudah sama persis dengan mushaf.
Referensi:
Jilid 1 hanya berisi Huruf terpisah.
Jilid 2 berisi Huruf gandeng
Jilid 3 berisi contoh penggalan ayat - ayat tidak sampai satu surat. Artinya ayatnya campuran. Misalnya satu ayat mengambil dari Al- naba, ayat kedua dari surat Al Naziaat dst......
Jilid 4 berisi beberapa ayat sempurna sampai satu surat.
Pertanyaan:
Bagaimana sebenarnya menurut fiqih memegang jilid - jilid buku TPQ tersebut bagi pengajar atau murid yang hadas?
Titipan dari M. Mughnil Labib
Jawaban:
Jilid 1-3 boleh dipegang dan dibawa oleh orang yang sedang hadas, karena dapat dipastikan tujuan penulisannya sebatas untuk metode belajar membaca al-quran (التعلم منه) bukan untuk bacaan sehari-hari.
Sedangkan untuk jilid 4 hukumnya juga boleh dibawa dan dipegang orang hadas dengan beberapa pertimbangan;
📌 Kertas bertuliskan al-Qur'an bisa memiliki hukum sama dengan mushaf (عرفا) apabila penulisan al-quran di dalamnya bertujuan sebagai bacaan sehari-hari (دراسته أي قرائته). Atau ada tujuan lain semisal metode belajar membaca (التعلم منه) namun tujuan sebagai bacaan tetap diikut sertakan.
📌 Kertas yang masih diragukan tujuan penulisannya apakah untuk bacaan, atau untuk yang lain hukumnya tidak sama dengan mushaf menurut Imam Ibnu Hajar, sehingga boleh dibawa dan dipegang orang yang hadas. Namun pendapat ini ditentang oleh Imam Romli, Imam Thobalawi dan Imam Az-Zayyadi yang berpendapat tidak boleh, karena pada dasarnya penulisan ayat al-Quran adalah sebagai bacaan, dan juga sebagai bentuk memulyakan pada ayat al-Quran.
Maka dari itu, mengingat secara jelas tujuan awal penulisan materi TPQ adalah metode belajar membaca al-Qur'an (التعلم منه), dan tidak jelasnya tujuan sebagai bacaan (دراسته أي قرائته), maka boleh membawa dan memegang jilid 4 bagi orang hadas sebagaimana pendapat Imam Ibnu Hajar, meski menurut Imam Romli dan yang lain tetap tidak boleh dengan alasan di atas.
Namun demikian hukum khilafiyah ini berlaku apabila tidak ada kejelasan dari penyusun bahwa tujuan penulisannya juga sebagai bacaan (atau masih diragukan). Tapi apabila ada penjelasan dari penyususn bahwa tujuannya juga sebagai bacaan, maka tidak boleh dibawa dan dipegang orang yang hadas karena berati kertas tersebut sudah sama persis dengan mushaf.
Referensi:
*فتح العزيز*
السادسة المصحف مكتوب لدراسة القرآن منه فحكمه في المس والحمل ما ذكرنا: *وفى لوح الصبيان وجهان أصحهما هو الذى ذكره في الكتاب انه في معنى المصحف لانه أثبت فيه القرآن للتعلم منه ولدراسته*.
*والثاني لا لانه لا يقصد باثباته الدوام بل هو كالمسودة التى تتخذ وسيلة ولا يعتنى بها*.
*بغية المسترشدين، ص ١٠*
(مسألة): يحل حمل قرآن مع تفسير مشكوك في أكثريته عند (حج) كالضبة والحرير، *قال شيخنا: ويجري ذلك فيما لو شك هل قصد الدراسة أو التبرك*؟
*حاشية الباجوري 1/118*
ولا يمنع المميز المحدث من مس مصحف ولوح لدراسة وتعلم
الشرح:
(قوله ولايمنع المميز)..... بخلاف غير المميز فيمنعه........ *وخرج به البالغ فانه يحرم عليه ذلك مطلقا....... وقوله من مس مصحف ولوح اي ونحوهما من كل ما كتب عليه قرأن لدراسته. *وكان الاولى ان يقول من مس مصحفه ولوحه لان مصحف غيره ولوحه يمنع منه*
*(قوله لدراسة) اي قراءة وقوله وتعلم لو قال لدراسته وتعلمه بالضمير فيهما لكان اولى* ليخرج دراسة غيره وتعلمه
والتعلم على وزن التفعل كالتكلم وهو عطف عام على خاص وفي نسخة وتعليم على وزن التفعيل كالتكليم وهي غير ظاهرة لأنه لايجوز له ذلك لتعليم غيره *لكن أفتى ابن حجر بأنه يسامح لمؤدب الأطفال الذى لايستطيع ان يقيم على الطهارة فى مس الألواح لما فيه من المشقة لكن يتيمم لأنه أسهل من الوضوء فإن استمرت المشقة فلا حرج*
*حاشية الشبرملسي على تحفة المحتاج*
( قوله ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻘﺼﺪ ﺑﻪ ﺷﻲء ﺇﻟﺦ) *ﻟﻮ ﻗﻴﻞ ﺑﺎﻟﺤﺮﻣﺔ ﺣﻴﻨﺌﺬ ﻣﻄﻠﻘﺎ ﻟﻜﺎﻥ ﻭﺟﻴﻬﺎ ﻧﻈﺮا ﺇﻟﻰ ﺃﻥ اﻷﺻﻞ ﻓﻴﻪ ﻗﺼﺪا ﻟﺪﺭاﺳﺔ،* ﻓﺈﻥ ﻋﺎﺭﺿﻪ ﺷﻲء ﻳﺨﺮﺟﻪ ﻋﻨﻪ ﻋﻤﻞ ﺑﻤﻘﺘﻀﺎﻩ ﻭﺇﻻ ﺑﻘﻲ ﻋﻠﻰ ﺃﺻﻠﻪ ﺑﺼﺮﻱ.
ﻭﻳﺄﺗﻲ ﻋﻦ ع ش ﻓﻲ ﺁﺩاﺏ ﻗﻀﺎء اﻟﺤﺎﺟﺔ ﻣﺎ ﻳﻔﻴﺪ ﻋﺪﻡ اﻟﺤﺮﻣﺔ ﻓﻲ اﻹﻃﻼﻕ ﻭﻟﻌﻞ ﻣﺎ ﻗﺎﻟﻪ اﻟﺴﻴﺪ ﻋﻤﺮ اﻟﺒﺼﺮﻱ ﺃﻗﺮﺏ .
(ﻗﻮﻟﻪ: ﻓﻴﻤﺎ ﺷﻚ ﺃﻗﺼﺪ ﺑﻪ ﺗﺒﺮﻙ ﺇﻟﺦ)
ﻧﻘﻞ اﻟﺤﻠﺒﻲ ﻓﻲ ﺣﻮاﺷﻲ اﻟﻤﻨﻬﺞ اﻟﺤﻞ ﻋﻨﺪ اﻟﺸﻚ ﻋﻦ اﻟﺸﺎﺭﺡ ﻭﺃﻗﺮﻩ
*ﻭﻓﻲ اﻟﻤﻐﻨﻲ ﻣﺎ ﻳﻔﻴﺪ اﻟﺤﺮﻣﺔ ﻭﻧﻘﻠﺖ ﻋﻦ اﻟﺠﻤﺎﻝ اﻟﺮﻣﻠﻲ ﺃﻳﻀﺎ ﻭﻗﺎﻝ ﺳﻢ ﻓﻲ ﺣﻮاﺷﻲ اﻟﻤﻨﻬﺞ اﻟﻮﺟﻪ اﻟﺘﺤﺮﻳﻢ* ؛ ﻷﻧﻪ اﻷﺻﻞ ﻓﻲ اﻟﻤﺼﺤﻒ ﻭﻓﺎﻗﺎ ﻟﺸﻴﺨﻨﺎ اﻟﻄﺒﻼﻭﻱ
ﻭﻓﻲ ﺷﺮﺡ اﻟﻤﺤﺮﺭ ﻟﻠﺰﻳﺎﺩﻱ ﻳﺆﺧﺬ ﻣﻦ اﻟﻌﻠﺔ ﺃﻧﻪ ﻟﻮ ﺷﻚ ﻫﻞ ﻗﺼﺪ ﺑﻪ اﻟﺪﺭاﺳﺔ ﺃﻭ اﻟﺘﺒﺮﻙ *ﺃﻧﻪ ﻳﺤﺮﻡ ﺗﻌﻈﻴﻤﺎ ﻟﻠﻘﺮﺁﻥ* ﻛﺮﺩﻱ
(ﻗﻮﻟﻪ: ﺑﻴﻦ ﻫﺬا) *ﺃﻱ اﻟﺤﻞ ﻓﻴﻤﺎ ﺷﻚ ﺃﻗﺼﺪ ﺑﻪ اﻟﺪﺭاﺳﺔ ﺃﻭ اﻟﺘﺒﺮﻙ .*
*ﻭاﻟﺸﻚ ﻓﻲ ﻗﺼﺪ اﻟﺪﺭاﺳﺔ ﺃﻭ اﻟﺘﺒﺮﻙ ﻭاﻟﻘﻴﺎﺱ اﻟﺤﺮﻣﺔ* اه *
ﻭﻓﻲ اﻟﻘﻠﻴﻮﺑﻲ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺤﻠﻲ، ﻭﻳﺘﻐﻴﺮ اﻟﺤﻜﻢ ﺑﺘﻐﻴﺮ القصد من تميمة الى الدراسة وعكسه اه كردي
📖 *الترمسي ج:١ ص:٣٢٤*
[قوله: وحمل ومس ما كتب] ظاهر عطف هذا على المصحف أنما مصحفا عرفا لا عبرة فيه بقصد دراسة ولا تبرك وإن هذا ِإنما يعتبر فيما لا يسماه فإن قصد فيه دراسة حرم أو لتبرك لم يحرم وإن لم يقصد به شيء نظر للقرينة فيما يظهر وإن أفهم قوله لدرس قرآن أنه لا يحرم إلا القسم الأول قاله في التحفة *والمراد بالمكتوبة أو حقيقة أو حكما ليدخل الطبع وذلك كلوح* ويؤخذ من تمثيلهم به كما قال بعض المحققين إنه لا بد أن يكون مما يكتب عليه عادة حتى لو كتب على عمود قرآنا للدراسة لم يحرم مس غير محل الكتابة ويؤخذ من ذلك أيضا أنه لو نقش القرآن على خشبة وختم بها الأوراق بقصد الدراسة وصار يقرأ يحرم مسها قال وليس من الكتاية ما يقص بالمقص على صورة حريف القرآن من ورق أو قماش فلا يحرم منه. إهـ
📖 *بغية المسترشدين ص:٢٦*
( مسألة ى ) يكره حمل التفسير ومسه إن زاد على القرآن وإلا حرم. وتحرم قراءة القرآن على نحو جنب بقصد القراءة ولو مع غيرها لا مع الإطلاق على الراجح ولا بقصد غير القراءة كرد غلط وتعليم وتبرك
74. حاشية قليوبي الجزء الأول صـ 40
( فائدة ) حكى ابن الصلاح وجها غريبا بعدم حرمة مس المصحف مطلقا , وحكى في التتمة وجها عن الأصحاب أنه لا يحرم إلا مس المكتوب وحده لا الهامش , ولا ما بين السطور . قاله الإسنوي
74. حاشية قليوبي الجزء الأول صـ 40
( فائدة ) حكى ابن الصلاح وجها غريبا بعدم حرمة مس المصحف مطلقا , وحكى في التتمة وجها عن الأصحاب أنه لا يحرم إلا مس المكتوب وحده لا الهامش , ولا ما بين السطور . قاله الإسنوي
Komentar
Posting Komentar