087. WAKAF IRIGASI SETELAH MATI

*Deskripsi Masalah*
Pak Ahmad dan Ibu Hamidah adalah sepasang suami istri yang berkecukupan dalam segi materi, salah satu usaha yang dimiliki adalah tambak yang ada di aliran irigasi. Namun sayangnya keluarga tersebut tidak memiliki anak.
Melihat keadaan yang sudah tua, akhirnya Pak Ahmad dan Ibu Hamidah mewakafkan tambak tersebut pada masjid dengan syarat tambak tersebut bisa digarap oleh masjid kalau pak Ahmad dan Ibu Hamidah sudah meninggal dunia.

*Pertanyaan:*
1. Bolehkah tambak yang ada dialiran irigasi diwakafkan?

2. Bolehkah mewakafkan sesuatu dengan syarat-syarat tersebut?

*Jawaban:*
1. Mengingat pada biasanya hak atas lahan irigasi yang diberikan pemerintah sebatas hak pakai saja, maka mewakafkannya tidak sah, sebagaimana juga menjualnya tidak sah. Kecuali jika memang lahan irigasi tersebut tidak sekedar diberikan hak pakainya, melainkan juga kepemilikan atas lahannya, maka sah diwakafkan.

2. Boleh dan sah.

*Referensi:*
*الفقه الإسلامي وأدلته ج ١٠ ص ٣٠٢*
وقف حق الارتفاق :
قال الشافعية والحنابلة: يجوز وقف علو الدار دون سفلها، وسفلها دون علو؛ لأنهما عينان يجوز وقفهما، فجاز وقف أحدهما دون الآخر، ولأنه يصح بيع العلو أو السفل، ولأنه تصرف يزيل الملك إلى من يثبت له حق الاستقرار والتصرف، فجاز كالبيع.
وقال الحنفية: لا يصح وقف الحقوق المالية، مثل حق التعلي وباقي حقوق الارتفاق؛ لأن الحق ليس بمال عندهم.

*حاشية البجيرمي على الخطيب، ج ٣، ص ٢٣٨*
ﻭ‍ﺇ‍ﻥ‍ ‍ﻛ‍‍ﺎ‍ﻥ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺴ‍‍ﻠ‍‍ﻄ‍‍ﺎ‍ﻥ‍ ‍ﺃ‍ﻗ‍‍ﻄ‍‍ﻌ‍‍ﻪ‍ ‍ﺇ‍ﻳ‍‍ﺎ‍ﻫ‍‍ﺎ ‍ﻭ‍ﻫ‍‍ﻲ‍‍ﻏ‍‍ﻴ‍‍ﺮ ‍ﻣ‍‍ﻮ‍ﺍ‍ﺕ‍ ‍ﻛ‍‍ﻤ‍‍ﺎ ‍ﻫ‍‍ﻮ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻐ‍‍ﺎ‍ﻟ‍‍ﺐ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺂ‍ﻥ‍ ‍ﻓ‍‍ﺈ‍ﻥ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﻘ‍‍ﻄ‍‍ﻊ‍ ‍ﻟ‍‍ﺎ ‍ﻳ‍‍ﻤ‍‍ﻠ‍‍ﻜ‍‍ﻬ‍‍ﺎ ‍ﺑ‍‍ﻞ‍ ‍ﻳ‍‍ﻨ‍‍ﺘ‍‍ﻔ‍‍ﻊ‍ ‍ﺑ‍‍ﻬ‍‍ﺎ ‍ﺑ‍‍ﺤ‍‍ﺴ‍‍ﺐ‍ ‍ﻣ‍‍ﺎ ‍ﻳ‍‍ﻘ‍‍ﺮ‍ﻫ‍‍ﺎ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺴ‍‍ﻠ‍‍ﻄ‍‍ﺎ‍ﻥ‍ ‍ﻭ‍ﻟ‍‍ﻠ‍‍ﺴ‍‍ﻠ‍‍ﻄ‍‍ﺎ‍ﻥ‍ ‍ﺍ‍ﻧ‍‍ﺘ‍‍ﺰ‍ﺍ‍ﻋ‍‍ﻬ‍‍ﺎ ‍ﻣ‍‍ﺘ‍‍ﻰ ‍ﺷ‍‍ﺎﺀ ‍ﻭ‍ﻟ‍‍ﺎ ‍ﻳ‍‍ﺠ‍‍ﻮ‍ﺯ ‍ﻟ‍‍ﻠ‍‍ﻤ‍‍ﻘ‍‍ﻄ‍‍ﻊ‍ ‍ﺑ‍‍ﻴ‍‍ﻌ‍‍ﻬ‍‍ﺎ, ‍ﻓ‍‍ﺈ‍ﻥ‍ ‍ﺑ‍‍ﺎ‍ﻉ‍ ‍ﻓ‍‍ﻔ‍‍ﺎ‍ﺳ‍‍ﺪ. ‍ﻭ‍ﺇ‍ﺫ‍ﺍ ‍ﺃ‍ﻋ‍‍ﻄ‍‍ﺎ‍ﻫ‍‍ﺎ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺴ‍‍ﻠ‍‍ﻄ‍‍ﺎ‍ﻥ‍ ‍ﻟ‍‍ﺄ‍ﺣ‍‍ﺪ ‍ﻧ‍‍ﻔ‍‍ﺬ ‍ﻭ‍ﻟ‍‍ﺎ ‍ﻳ‍‍ﻄ‍‍ﺎ‍ﻟ‍‍ﺐ‍ ‍ﺍ‍ﻩ‍. ‍ﻭ‍ﺃ‍ﻗ‍‍ﻮ‍ﻝ‍: ‍ﻣ‍‍ﺎ ‍ﺗ‍‍ﻀ‍‍ﻤ‍‍ﻨ‍‍ﻪ‍ ‍ﻛ‍‍ﻠ‍‍ﺎ‍ﻣ‍‍ﻪ‍ ‍ﻣ‍‍ﻦ‍ ‍ﺃ‍ﻥ‍ ‍ﺇ‍ﻗ‍‍ﻄ‍‍ﺎ‍ﻉ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺴ‍‍ﻠ‍‍ﻄ‍‍ﺎ‍ﻥ‍ ‍ﻝ‍‍ﻏ‍‍ﻴ‍‍ﺮ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﻮ‍ﺍ‍ﺕ‍ ‍ﻟ‍‍ﺎ ‍ﻳ‍‍ﻜ‍‍ﻮ‍ﻥ‍ ‍ﻋ‍‍ﻠ‍‍ﻰ ‍ﻭ‍ﺟ‍‍ﻪ‍ ‍ﺍ‍ﻝ‍‍ﺗ‍‍ﻤ‍‍ﻠ‍‍ﻴ‍‍ﻚ‍ ‍ﻣ‍‍ﻤ‍‍ﻨ‍‍ﻮ‍ﻉ‍ ‍ﻛ‍‍ﻤ‍‍ﺎ ‍ﻳ‍‍ﻌ‍‍ﻠ‍‍ﻢ‍ ‍ﻣ‍‍ﻦ‍ ‍ﻛ‍‍ﻠ‍‍ﺎ‍ﻡ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺸ‍‍ﺎ‍ﺭ‍ﺡ‍, ‍ﻭ‍ﺣ‍‍ﻴ‍‍ﻨ‍‍ﺌ‍‍ﺬ ‍ﻓ‍‍ﺈ‍ﺫ‍ﺍ ‍ﺃ‍ﻗ‍‍ﻄ‍‍ﻌ‍‍ﻪ‍‍ﻏ‍‍ﻴ‍‍ﺮ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﻮ‍ﺍ‍ﺕ‍ ‍ﺗ‍‍ﻤ‍‍ﻠ‍‍ﻴ‍‍ﻚ‍‍ﺍ ‍ﻓ‍‍ﻴ‍‍ﻨ‍‍ﺒ‍‍ﻐ‍‍ﻲ‍ ‍ﺃ‍ﻥ‍ ‍ﻳ‍‍ﺠ‍‍ﺮ‍ﻱ‍ ‍ﻓ‍‍ﻴ‍‍ﻪ‍ ‍ﻣ‍‍ﺎ ‍ﺫ‍ﻛ‍‍ﺮ‍ﻩ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﺠ‍‍ﻴ‍‍ﺐ‍ ‍ﻓ‍‍ﻲ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺸ‍‍ﻖ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺄ‍ﻭ‍ﻝ‍. ‍ﺍ‍ﻩ‍. ‍ﺳ‍‍ﻢ‍ ‍ﻋ‍‍ﻠ‍‍ﻰ ‍ﺣ‍‍ﺞ‍. ‍ﻭ‍ﺑ‍‍ﻘ‍‍ﻲ‍ ‍ﻣ‍‍ﺎ ‍ﻟ‍‍ﻮ ‍ﺷ‍‍ﻚ‍ ‍ﻫ‍‍ﻞ‍ ‍ﻫ‍‍ﻮ ‍ﺇ‍ﻗ‍‍ﻄ‍‍ﺎ‍ﻉ‍ ‍ﺗ‍‍ﻤ‍‍ﻠ‍‍ﻴ‍‍ﻚ‍ ‍ﺃ‍ﻭ ‍ﺇ‍ﺭ‍ﻓ‍‍ﺎ‍ﻕ‍? ‍ﻓ‍‍ﻴ‍‍ﻪ‍ ‍ﻧ‍‍ﻈ‍‍ﺮ, ‍ﻭ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺄ‍ﻗ‍‍ﺮ‍ﺏ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺜ‍‍ﺎ‍ﻧ‍‍ﻲ‍;; ‍ﻟ‍‍ﺄ‍ﻥ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺄ‍ﺻ‍‍ﻞ‍ ‍ﻋ‍‍ﺪ‍ﻡ‍ ‍ﺍ‍ﻝ‍‍ﺗ‍‍ﻤ‍‍ﻠ‍‍ﻴ‍‍ﻚ‍ ‍ﻉ‍ ‍ﺵ‍ ‍ﻋ‍‍ﻠ‍‍ﻰ ‍ﻡ‍ ‍ﺭ.

*فتح الوهاب، ج ١، ص ٣٠٧*
(وشرط له) ‍ﺃ‍ﻱ‍ ‍ﻟ‍‍ﻠ‍‍ﻮ‍ﻗ‍‍ﻒ‍ (‍ﺗ‍‍ﺄ‍ﺑ‍‍ﻴ‍‍ﺪ) ‍ﻓ‍‍ﻠ‍‍ﺎ يصح توقيته كوقفت ﻋ‍‍ﻠ‍‍ﻰ ‍ﺯ‍ﻳ‍‍ﺪ ‍ﺳ‍‍ﻨ‍‍ﺔ (ﻭ‍ﺗ‍‍ﻨ‍‍ﺠ‍‍ﻴ‍‍ﺰ) ‍ﻓ‍‍ﻠ‍‍ﺎ يصح تعليقه كوقفت ‍ﻋ‍‍ﻠ‍‍ﻰ ‍ﺯ‍ﻳ‍‍ﺪ ‍ﺇ‍ﺫ‍ﺍ ‍ﺟ‍‍ﺎﺀ ‍ﺭ‍ﺃ‍ﺱ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺸ‍‍ﻬ‍‍ﺮ ‍ﻛ‍‍ﻤ‍‍ﺎ ‍ﻓ‍‍ﻲ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺒ‍‍ﻴ‍‍ﻊ‍ ‍ﻓ‍‍ﻴ‍‍ﻬ‍‍ﻤ‍‍ﺎ ‍ﻧ‍‍ﻌم يصح تعليقه ‍ﺑ‍‍ﺎ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﻮ‍ﺕ‍ ‍ﻛ‍‍ﻮ‍ﻗ‍‍ﻔ‍‍ﺖ‍ ‍ﺩ‍ﺍ‍ﺭ‍ﻱ‍ ‍ﺑ‍‍ﻌ‍‍ﺪ موتي على ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻔ‍‍ﻘ‍‍ﺮ‍ﺍﺀ ‍ﻗ‍‍ﺎ‍ﻝ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺸ‍‍ﻴ‍‍ﺨ‍‍ﺎ‍ﻥ‍ ‍ﻭ‍ﻛ‍‍ﺄ‍ﻧ‍‍ﻪ‍ ‍ﻭ‍ﺻ‍‍ﻴ‍‍ﺔ ‍ﻟ‍‍ﻘ‍‍ﻮ‍ﻝ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻘ‍‍ﻔ‍‍ﺎ‍ﻝ‍ ‍ﺃ‍ﻧ‍‍ﻪ‍ ‍ﻟ‍‍ﻮ ‍ﻋ‍‍ﺮ‍ﺿ‍‍ﻬ‍‍ﺎ ‍ﻟ‍‍ﻠ‍‍ﺒ‍‍ﻴ‍‍ﻊ‍ ‍ﻛ‍‍ﺎ‍ﻥ‍ ‍ﺭ‍ﺟ‍‍ﻮ‍ﻋ‍‍ﺎ ‍ﻗ‍‍ﺎ‍ﻝ‍ ‍ﺍ‍ﺑ‍‍ﻦ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺮ‍ﻓ‍‍ﻌ‍‍ﺔ ‍ﻭ‍ﻳ‍‍ﻨ‍‍ﺒ‍‍ﻐ‍‍ﻲ‍ ‍ﺻ‍‍ﺤ‍‍ﺘ‍‍ﻪ‍ ‍ﺃ‍ﻳ‍‍ﻀ‍‍ﺎ ‍ﺇ‍ﺫ‍ﺍ ‍ﺿ‍‍ﺎ‍ﻫ‍‍ﻰ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺘ‍‍ﺤ‍‍ﺮ‍ﻳ‍‍ﺮ ‍ﻛ‍‍ﺠ‍‍ﻌ‍‍ﻠ‍‍ﺘ‍‍ﻪ‍ ‍ﻣ‍‍ﺴ‍‍ﺠ‍‍ﺪ‍ﺍ ‍ﺇ‍ﺫ‍ﺍ ‍ﺟ‍‍ﺎﺀ ‍ﺭ‍ﻣ‍‍ﻀ‍‍ﺎ‍ﻥ‍.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

062. MENCAMPUR BERAS ZAKAT FITRAH

061. SHOLAT IMAM DENGAN KABEL MIK YANG TERKENA NAJIS

020. HUKUM ZAKAT & TUKAR UANG KERTAS