041. HUKUM MENJAWAB ADZAN LEWAT PENGERAS SUARA

Di zaman sekarang setiap masjid dan musholla hampir dipastikan mempunyai  pengeras suara untuk kepentingan adzan, tadarrus al-qur'an dan pengajian, sehingga dari jarak 500 meter suara adzan dan tadarrus tersebut masih terdengar jelas, padahal kalau tanpa pengeras suara  tidak terdengar.

 Pertanyaan:
1. Sebatas manakah jarak antara yang adzan dan yg mendengar di sunnahkan menjawab adzan?

2. Bila terdengar kesalahan membaca Al-Qur'an dari jarak sekitar 500 meter misalnya apkah yang mendengar  masih wajib mengingatkan?

Jawaban:
1. Selama masih mendengar adzan, meski dari jarak yang sangat jauh, asalkan adzan dikumandangkan secara nyata bukan pemutaran hasil rekaman adzan, maka tetap sunnah dijawab.

2. Tetap wajib dibenarkan, selama diduga kuat tidak ada orang di dekat yang membaca yang membenarkan kesalahan bacaan tersebut.

Referensi:
*ﻗﺮﺓ ﺍﻟﻌﻴﻦ ﺑﻔﺘﺎﻭﻯ الشيخ ﺇﺳﻤﺎﻋﻴﻞ ﺍﻟﺰﻳﻦ، ﺹ 169*
ﺳﺆﺍﻝ : ﻫﻞ ﻳﺴﻦ ﺟﻮﺍﺏ ﺍﻻﺫﺍﻥ ﻣﻦ ﻣﻜﺒﺮ ﺍﻟﺼﻮﺕ ﺍﺫﺍ ﻛﺎﻥ ﺍﻟﻤﺆﺫﻥ ﺑﻌﻴﺪﺍ ﻋﻨﻪ ﺑﺤﻴﺚ ﻻﻳﺴﻤﻊ ﺍﺫﺍﻧﻪ ﺍﻻ ﺑﻮﺍﺳﻄﺔ ﻣﻜﺒﺮ ﺍﻟﺼﻮﺕ ﺍﻭﻻ، ﺑﻴﻨﻮﺍ ﺫﻟﻚ،
ﺍﻟﺠﻮﺍﺏ : ﻧﻌﻢ ﻳﺴﻦ ﺍﺟﺎﺑﺔ ﺍﻟﻤﺆﺫﻥ ﺍﻟﻤﺬﻛﻮﺭ ﻭﺍﻟﻤﻜﺒﺮ ﻏﺎﻳﺔ ﻣﺎ ﻓﻴﻪ ﺍﻧﻪ ﻳﻘﻮﻯ ﺍﻟﺼﻮﺕ ﻭﻳﺒﻠﻐﻪ ﺍﻟﻰ ﻣﺪﻯ ﺑﻌﻴﺪ ﻫﺬﺍ ﺍﺫﺍ ﻛﺎﻥ ﺍﻻﺫﺍﻥ ﻣﻨﻘﻮﻻ ﺑﻮﺍﺳﻄﺔ ﺍﻟﻤﻜﺒﺮ ﺍﻥ ﻛﺎﻥ ﻣﺆﺫﻥ ﻳﺆﺫﻥ ﺑﺎﻟﻔﻌﻞ ﺍﻣﺎ ﺍﺫﺍ ﻛﺎﻥ ﺍﻻﺫﺍﻥ ﻓﻰ ﺍﻟﺸﺮﻳﻂ ﺍﻟﻤﺴﺠﻞ ﻓﻼ ﺗﺴﻦ ﺍﺟﺎﺑﺘﻪ ﻻﻧﻪ ﺣﺎﻙ ﻭﺍﻟﺤﺎﻛﻰ ﻻﻳﺤﺎﻛﻰ ﻭﺍﻟﻠﻪ ﺍﻋﻠﻢ . ﺍﻫـ

*بريقة محمودية، ج ٤، ص ٥٤*
[‍ﺍ‍ﺳ‍‍ﺘ‍‍ﻤ‍‍ﺎ‍ﻉ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻘ‍‍ﺮ‍ﺁ‍ﻥ‍ ‍ﻣ‍‍ﻤ‍‍ﻦ‍ ‍ﻳ‍‍ﻘ‍‍ﺮ‍ﺃ ‍ﺑ‍‍ﻠ‍‍ﺤ‍‍ﻦ‍ ‍ﻭ‍ﺧ‍‍ﻄ‍‍ﺈ ‍ﺑ‍‍ﻠ‍‍ﺎ ‍ﺗ‍‍ﺠ‍‍ﻮ‍ﻳ‍‍ﺪ]
(‍ﻭ‍ﻣ‍‍ﻨ‍‍ﻬ‍‍ﺎ) (‍ﺍ‍ﺳ‍‍ﺘ‍‍ﻤ‍‍ﺎ‍ﻉ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻘ‍‍ﺮ‍ﺁ‍ﻥ‍) ‍ﻭ‍ﻛ‍‍ﺬ‍ﺍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺄ‍ﺫ‍ﻛ‍‍ﺎ‍ﺭ ‍ﻟ‍‍ﻠ‍‍ﺎ‍ﺷ‍‍ﺘ‍‍ﺮ‍ﺍ‍ﻙ‍ ‍ﻓ‍‍ﻲ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻌ‍‍ﻠ‍‍ﺔ ‍ﻭ‍ﺳ‍‍ﻴ‍‍ﺸ‍‍ﺎ‍ﺭ ‍ﻣ‍‍ﻦ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﺼ‍‍ﻨ‍‍ﻒ‍ (‍ﻣ‍‍ﻤ‍‍ﻦ‍ ‍ﻳ‍‍ﻘ‍‍ﺮ‍ﺃ ‍ﺑ‍‍ﻠ‍‍ﺤ‍‍ﻦ‍ ‍ﻭ‍ﺧ‍‍ﻄ‍‍ﺈ ‍ﺑ‍‍ﻠ‍‍ﺎ ‍ﺗ‍‍ﺠ‍‍ﻮ‍ﻳ‍‍ﺪ) ‍ﻟ‍‍ﻌ‍‍ﻞ‍ ‍ﻫ‍‍ﺬ‍ﺍ ‍ﺑ‍‍ﻴ‍‍ﺎ‍ﻥ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻠ‍‍ﺤ‍‍ﻦ‍ ‍ﻭ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺨ‍‍ﻄ‍‍ﺈ (‍ﻓ‍‍ﻌ‍‍ﻠ‍‍ﻴ‍‍ﻪ‍) ‍ﺃ‍ﻱ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺴ‍‍ﺎ‍ﻣ‍‍ﻊ‍ (‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻨ‍‍ﻬ‍‍ﻲ‍ ‍ﺇ‍ﻥ‍ ‍ﻇ‍‍ﻦ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺘ‍‍ﺄ‍ﺛ‍‍ﻴ‍‍ﺮ) ‍ﻭ‍ﻓ‍‍ﻲ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺸ‍‍ﻚ‍ ‍ﻳ‍‍ﺘ‍‍ﺨ‍‍ﻴ‍‍ﺮ (‍ﻭ‍ﺇ‍ﻟ‍‍ﺎ ‍ﻓ‍‍ﻌ‍‍ﻠ‍‍ﻴ‍‍ﻪ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻘ‍‍ﻴ‍‍ﺎ‍ﻡ‍ ‍ﻭ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺬ‍ﻫ‍‍ﺎ‍ﺏ‍) ‍ﻭ‍ﻟ‍‍ﻮ ‍ﺍ‍ﻛ‍‍ﺘ‍‍ﻔ‍‍ﻰ ‍ﺑ‍‍ﺎ‍ﻟ‍‍ﺬ‍ﻫ‍‍ﺎ‍ﺏ‍ ‍ﻟ‍‍ﻜ‍‍ﺎ‍ﻥ‍ ‍ﺃ‍ﺧ‍‍ﺼ‍‍ﺮ ‍ﺃ‍ﺭ‍ﺍ‍ﺩ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﺒ‍‍ﺎ‍ﻟ‍‍ﻐ‍‍ﺔ ‍ﻓ‍‍ﻲ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺮ‍ﺩ *(‍ﺇ‍ﻥ‍ ‍ﻗ‍‍ﺪ‍ﺭ ‍ﺑ‍‍ﻠ‍‍ﺎ ‍ﺿ‍‍ﺮ‍ﺭ)* ‍ﻟ‍‍ﻨ‍‍ﻔ‍‍ﺴ‍‍ﻪ‍ ‍ﺃ‍ﻭ ‍ﻣ‍‍ﺎ‍ﻟ‍‍ﻪ‍ ‍ﺃ‍ﻭ ‍ﻏ‍‍ﻴ‍‍ﺮ‍ﻩ‍ {‍ﻓ‍‍ﻠ‍‍ﺎ ‍ﺗ‍‍ﻘ‍‍ﻌ‍‍ﺪ} [‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺄ‍ﻧ‍‍ﻌ‍‍ﺎ‍ﻡ‍: ٦٨] ‍ﻫ‍‍ﺬ‍ﺍ ‍ﻗ‍‍ﻴ‍‍ﺎ‍ﺱ‍ ‍ﻭ‍ﺩ‍ﻟ‍‍ﻴ‍‍ﻞ‍ ‍ﻋ‍‍ﻠ‍‍ﻰ ‍ﻭ‍ﺟ‍‍ﻮ‍ﺏ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻘ‍‍ﻴ‍‍ﺎ‍ﻡ‍ {‍ﺑ‍‍ﻌ‍‍ﺪ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺬ‍ﻛ‍‍ﺮ‍ﻯ ‍ﻣ‍‍ﻊ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻘ‍‍ﻮ‍ﻡ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻈ‍‍ﺎ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﻴ‍‍ﻦ‍} [‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺄ‍ﻧ‍‍ﻌ‍‍ﺎ‍ﻡ‍: ٦٨] ‍ﻭ‍ﻫ‍‍ﺬ‍ﺍ‍ﻥ‍ ‍ﺃ‍ﻱ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺘ‍‍ﻐ‍‍ﻨ‍‍ﻲ‍ ‍ﻓ‍‍ﻲ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻘ‍‍ﺮ‍ﺁ‍ﻥ‍ ‍ﻭ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺬ‍ﻛ‍‍ﺮ ‍ﻭ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺪ‍ﻋ‍‍ﺎﺀ, ‍ﻭ‍ﺍ‍ﺳ‍‍ﺘ‍‍ﻤ‍‍ﺎ‍ﻉ‍ ‍ﻣ‍‍ﻦ‍ ‍ﻳ‍‍ﻘ‍‍ﺮ‍ﺃ ‍ﺑ‍‍ﻠ‍‍ﺤ‍‍ﻦ‍ (‍ﻭ‍ﺇ‍ﻥ‍ ‍ﺩ‍ﺧ‍‍ﻠ‍‍ﺎ ‍ﻓ‍‍ﻲ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺂ‍ﻓ‍‍ﺔ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺄ‍ﻭ‍ﻟ‍‍ﻰ) ‍ﺃ‍ﻱ‍ ‍ﺍ‍ﺳ‍‍ﺘ‍‍ﻤ‍‍ﺎ‍ﻉ‍ ‍ﻣ‍‍ﺎ ‍ﻟ‍‍ﺎ ‍ﻳ‍‍ﺠ‍‍ﻮ‍ﺯ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻜ‍‍ﻠ‍‍ﺎ‍ﻡ‍ ‍ﺑ‍‍ﻪ‍ (‍ﺻ‍‍ﺮ‍ﺣ‍‍ﻨ‍‍ﺎ ‍ﺑ‍‍ﻬ‍‍ﻤ‍‍ﺎ ‍ﻟ‍‍ﻜ‍‍ﺜ‍‍ﺮ‍ﺓ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺎ‍ﺑ‍‍ﺘ‍‍ﻠ‍‍ﺎﺀ ‍ﺑ‍‍ﻬ‍‍ﻤ‍‍ﺎ ‍ﻣ‍‍ﻊ‍ ‍ﺍ‍ﻋ‍‍ﺘ‍‍ﻘ‍‍ﺎ‍ﺩ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺠ‍‍ﻮ‍ﺍ‍ﺯ) ‍ﺑ‍‍ﻞ‍ ‍ﻣ‍‍ﻊ‍ ‍ﺍ‍ﻋ‍‍ﺘ‍‍ﻘ‍‍ﺎ‍ﺩ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺜ‍‍ﻮ‍ﺍ‍ﺏ
*(‍ﻭ‍ﺃ‍ﺷ‍‍ﺒ‍‍ﻬ‍‍ﻬ‍‍ﻢ‍) ‍ﺃ‍ﻱ‍ ‍ﺃ‍ﻗ‍‍ﺮ‍ﺑ‍‍ﻬ‍‍ﻢ‍ ‍ﺷ‍‍ﺒ‍‍ﻬ‍‍ﺎ ‍ﺇ‍ﻟ‍‍ﻰ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺤ‍‍ﻖ‍ (‍ﻣ‍‍ﻦ‍ ‍ﻳ‍‍ﻘ‍‍ﻮ‍ﻝ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺈ‍ﺛ‍‍ﻢ‍ ‍ﻋ‍‍ﻠ‍‍ﻰ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻘ‍‍ﺎ‍ﺭ‍ﺉ‍ ‍ﻟ‍‍ﺎ ‍ﻋ‍‍ﻠ‍‍ﻰ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺴ‍‍ﺎ‍ﻣ‍‍ﻊ‍)*

Komentar

Postingan populer dari blog ini

062. MENCAMPUR BERAS ZAKAT FITRAH

061. SHOLAT IMAM DENGAN KABEL MIK YANG TERKENA NAJIS

020. HUKUM ZAKAT & TUKAR UANG KERTAS