182. ANAK HASIL WATHI' SYUBHAT BERSAUDARA DENGAN IBUNYA

Ada seorang ayah namanya Zaid, punya putri bernama Zainab, suatu malam, tanpa disengaja Zaid menyetubuhi Zainab karena diduga istrinya, hingga Zainab Hamil dan melahirkan anak laki-laki bernama Umar.


Pertanyaan:

1. Apakah Umar bisa disebut saudara Zainab?


2. Jika saudara, apakah Umar bisa menjadi wali nikah dari Zainab?


Jawaban:

1. Umar bisa disebut saudara Zainab, karena wathi' syubhat dalam kasus ini menetapkan nasab umar kepada Zaid.


2. Umar bisa menjadi wali nikah Zainab, karena Umar saudara laki-laki Zainab, dan statusnya yang juga anak, tidak menghalanginya untuk jadi wali sebagai saudara.


Referensi:

*[ابن حجر الهيتمي، تحفة المحتاج في شرح المنهاج وحواشي الشرواني والعبادي، ٢٤٨/٧]*

(فإن كان) ابنها (ابن ابن عم) لها، أو نحو أخ بوطء شبهة، أو نكاح مجوس (أو معتقا لها، أو عصبة لمعتقها، أو قاضيا زوج به) أي بذلك السبب لا بالبنوة فهي غير مقتضية لا مانعة.


الشرح:

(قوله فهي غير مقتضية لا مانعة) فإذا وجد معها سبب آخر يقتضي الولاية لم تمنعه اهـ مغني عبارة ع ش قوله: فهي غير مقتضية دفع ما يتوهم من أن البنوة إذا اجتمعت مع غيرها سلبت الولاية عنه؛ لأنه إذا اجتمع المقتضي والمانع قدم الثاني وحاصل الجواب أن البنوة لا يصدق عليها مفهوم المانع، وهو وصف ظاهر منضبط معرف نقيض الحكم وغايته أن البنوة ليست من الأسباب المقتضية للحكم إذ الأسباب المقتضية لها هي مشاركتها في النسب بحيث يعتني من قام به السبب بدفع العار عن ذلك النسب وليست مقتضية لفعل ما يغير به الأم حتى تكون مانعة من تزويجها اهـ.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

062. MENCAMPUR BERAS ZAKAT FITRAH

061. SHOLAT IMAM DENGAN KABEL MIK YANG TERKENA NAJIS

020. HUKUM ZAKAT & TUKAR UANG KERTAS