071. MEMINDAH PENYAKIT KE HEWAN

Assalamualaikum yai... Di daerah saya ada sebuah pengobatan yang mana setiap orang yang akan berobat kesitu wajib membawa hewan ternak seperti ayam, bebek dll.. agar supaya penyakitnya itu dipindahkan ke hewan tersebut. Bagaimanakah hukumnya secara ilmu fiqh memindah penyakit kpada hewan ternak tersebut, padahal hewan tersebut kan hewan yang mulia (halal dimakan mksdnya)?

*Jawaban:*
Berikut kami tampilkan hasil keputusan bahsul masail antar pesantren di Pondok Pesantren Sarang pada tahun 1993 M.

*Memindahkan Penyakit Manusia ke Hewan*
*Deskripsi Masalah*
Dari sekian metode pengobatan tradisional, ada tabib yang dapat memindahkan penyakit sesorang ke hewan (binatang).

*Pertanyaan:*
Bagaimanakah hukum memindahkan penyakit tersebut?

*Jawaban:*
Hukum memindahkan penyakit tersebut Boleh, dengan syarat:
📌 Sangat dibutuhkan.
📌 Menjadi jalan terakhir untuk pengobatan dimaksud.
📌 Pasiennya muhtarom (dimulyakan syara')

Nihayatul Muhtaj, juz II, hal. 21-22
Al-Bajuri, juz I, hal. 34
Al-Fiqhul Islami, juz III, hal. 522
*نهاية المحتاج، ج 2 ص 21-22*
(ولو وصل عظمه) اى عند احتياجه له لكسر ونحوه (بنجس) من العظم ولو مغلظا لفقد الطاهر) الصالح لذلك (فمعذور) فيه -إلى أن قال- فقد نص فى المختصر بقوله ولا يصل الى ما انكسر من عظمه الا بعظم ما يؤكل لحمه ذكيا ويؤخذ منه انه لايجوز الجبر بعظم الادمى مطلقا فلو وجد نجسا يصلح وعظم ادمى كذلك وجب تقديم الاول.
(قوله ولو وصل عظمه) ظاهره ولو كان الواصل غير معصوم لكن قيده حج بالمعصوم (قوله عند احتياجه) اى بان خشي مبيح التيمم ولو لم يصل به. اهـ حج (قوله وجب تقديم الاول) اى وان كان حيا فيجوز قطع عضوه مثلا ليصل بعظمه ولايجوز له العدول عنه الى عظم الادمى الميت لحرمته. اهـ

*حاشية الباجورى، ج 1 ص 34*
(الميتة) -إلى أن قال- وما شك فى سيل دمه وعدمه فهل يجوز شق عضو منه او لا؟ قال بالاول الرملى تبعا للغزالى لانه لحاجة وقال بالثانى ابن حجر تبعا للامام الحرمين لما فيه من التعذيب. اهـ

*الفقه الاسلامى، ج 3 ص 522*
 واجاز الشافعى شق بطن الميت لاخراج ولدها وشق بطن الميت لاخراج مال منه -إلى أن قال- وبناء على هذا الآراء المبيحة يجوز التشريح عند الضرورة او الحاجة لقصد التعليم لاغراض طبية او لمعرفة سبب الوفاة واثبات الجناية على المتهم بالقتل ونحو ذلك لاغراض جنائية اذا توقف عليها الوصول الى الحق فى امر الجناية -إلى أن قال- كذلك يجوز تشريح جثة الحيوان للتعليم لان المصلحة فى التعليم تجاوز احساسها بالالم. اهـ

Komentar

Postingan populer dari blog ini

062. MENCAMPUR BERAS ZAKAT FITRAH

061. SHOLAT IMAM DENGAN KABEL MIK YANG TERKENA NAJIS

020. HUKUM ZAKAT & TUKAR UANG KERTAS