176. KUBURAN BERUBAH ARAH KARENA GEMPA

Ada komplek makam di salah satu daerah di luar jawa yang beberapa waktu lalu terkena gempa. Akibatnya ada beberapa kuburan, baik yang masih baru berumur bulanan dan sudah puluhan tahun, berubah arahnya. Yang semula kepala jenazah mengarah ke utara, berubah mengarah ke barat. Hanya saja belum diketahui secara pasti, apakah perubahan ini tembus ke bawah dengan jenazah, atau hanya di bagian atas kuburan saja.

Pertanyaan:

1. Apakah ada kewajiban menggali kuburan tersebut untuk kemudian dikembalikan arahnya ke arah yang benar?


2. Jika memang ada, apakah ada perbedaan antara kuburan yang baru dan kuburan yang sudah puluhan bahkan ratusan tahun?


Jawaban:

1. Tidak ada kewajiban. Karena ketika sudah dikuburkan dengan dihadapkan qiblat dan kuburan sudah ditutupi tanah, maka tidak masalah jika kemudian terjadi perubahan, sesuai kaedah 

يغتفر في الدوام ما لا يغتفر في الإبتداء.

Dan boleh misalnya digali kembali untuk diperbaiki.


2. Gugur.


Referensi:

(ويوجه) للقبلة (وجوبا) تنزيلا له منزلة المصلي فلو وجه لغيرها نبش كما سيأتي أو لها على يساره كره ولم ينبش والتصريح بالوجوب من زيادتي.


الشرح:

وفي الجواهر لو انهدم القبر تخير الولي بين تركه وإصلاحه ونقله منه إلى غيره اهـ. ووجهه أنه يغتفر في الدوام ما لا يغتفر في غيره وألحق بانهدامه انهيار ترابه عقب دفنه وواضح أن الكلام حيث لم يخش عليه سبع أو يظهر منه ريح وإلا وجب إصلاحه قطعا اهـ. حج اهـ. شوبري *وفي البرماوي ولا يجب نبشه لو انكب أو استلقى بعد الدفن وكذا لو انهال القبر أو التراب عليه كذلك ويجوز نبشه وإصلاحه أو نقله إلى محل آخر* نعم لو انهال عليه التراب قبل تسوية القبر وقبل طمه وجب إصلاحه اهـ.

[الجمل، حاشية الجمل على شرح المنهج = فتوحات الوهاب بتوضيح شرح منهج الطلاب، ١٩٩/٢]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

062. MENCAMPUR BERAS ZAKAT FITRAH

061. SHOLAT IMAM DENGAN KABEL MIK YANG TERKENA NAJIS

020. HUKUM ZAKAT & TUKAR UANG KERTAS